Jumat, 15 Juni 2012

Cara Mencegah Peradangan Agar Jauh dari Sakit Kronis

imgPeradangan adalah respons kekebalan tubuh, yaitu respons terhadap infeksi, iritasi atau cedera. Peradangan kronis, di sisi lain adalah penyakit. Peradangan kronis dapat menyebabkan banyak penyakit, termasuk radang sendi, diabetes, penyakit jantung, penyakit Alzheimer dan beberapa jenis kanker. Namun, ada beberapa cara untuk melawan terjadinya peradangan.

Kira-kira bagaimana cara untuk memerangi peradangan kronis?

Berikut 6 cara untuk memerangi peradangan kronis seperti dikutip dari HealthMonitor, Senin (13/2/2012) antara lain:

1. Menurunkan berat badan

Menurut National Institutes of Health (NIH), jika kelebihan berat badan atau obesitas, dengan kehilangan 5-10 persen dari berat badan dapat menurunkan peradangan di seluruh tubuh.

2. Melawan dengan makanan

Kabar baiknya adalah bahwa ada banyak makanan yang sebenarnya melawan proses peradangan, termasuk:
a. Teh hijau
b. Kacang-kacangan
c. ikan laut, termasuk ikan makarel, herring, sarden, tuna, dan salmon
d. Jahe
e. Kunyit
f. Nigella, rempah yang digunakan dalam makanan India, telah terbukti memiliki sifat anti peradangan dan dapat melawan kanker

3. Menurunkan gula darah

Makanan yang dapat meningkatkan peradangan juga harus dihindari. Makanan yang meningkatkan peradangan dapat antara lain, pati yang khususnya yang dibuat dengan tepung putih, kentang, nasi, dan gula. Makanan tersebut bisa meningkatkan kadar glukosa darah dan protein C-reaktif (CRP), penanda inflamasi kunci.

4. Mencukupi kebutuhan tidur

Orang yang tidur kurang dari 7 atau 8 jam per malam rentan terhadap peradangan kronis. Jika mengalami kesulitan mendapatkan waktu yang cukup untuk tidur, maka para ahli menyarankan:
a. Menetapkan waktu tidur yang konsisten
b. Hindari kafein selama 8 jam sebelum tidur
c. Jangan membawa pekerjaan ke kamar tidur
d. Berkonsultasi dengan dokter jika masih memiliki masalah tidur

5. Memperbanyak aktivitas fisik

Olahraga dapat menjadi salah satu senjata terbaik terhadap peradangan kronis. Tingkat peradangan dapat dikurangi dengan hanya berjalan kaki 10 menit per hari. Manfaat aktivitas fisik meliputi peningkatan kesehatan jantung dan penurunan obesitas. Aktivitas fisik juga dapat disebut sebagai anti-peradangan.

6. Melawan dengan obat

Aspirin dapat meredakan peradangan kronis. Obat tersebut juga dapat mengurangi risiko beberapa kanker dan penyakit jantung. Tetapi jika mengonsumsi obat tersebut harus dengan resep dokter. Karena aspirin dapat menyebabkan perdarahan lambung.

Jika aspirin tidak tepat untuk Anda, tanyakan kepada dokter apakah harus mempertimbangkan suplemen anti peradangan yang dapat termasuk:
a. Ginseng
b. Quercetin
c. Ginkgo biloba

Berkonsultasilah dengan dokter sebelum mengonsumsi obat yang tersedia di pasaran, termasuk aspirin, karena kemungkinan dapat terjadi interaksi dengan obat resep. Juga, diskusikan pilihan untuk menggunakan resep anti peradangan jika memiliki kondisi kronis.
(del/ir)
Adelia Ratnadita - detikHealth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar