Jumat, 15 Juni 2012

Atrosit Cegah Peradangan Otak Akibat Alzheimer


 
 
Menurut penelitian, sel-sel otak manusia dapat membantu untuk membunuh neuron, sel otak yang bertanggung jawab untuk berpikir, ketika terdapat tanda-tanda penyakit Alzheimer.
 
Alzheimer merupakan sindrom yang menyebabkan pengerutan dan pengecilan otak. Penyakit ini biasa menyerang orang tua pada rentang umur 65 tahun ke atas. Di negara maju seperti Amerika terdapat sekitar 5,4 juta orang mengidap Alzheimer dan merupakan ‘mesin pembunuh’ nomor enam.
Menurut penelitian yang telah dipublikasikan oleh Journal of Biological Chemistry pada 24 April lalu, sel otak yang bertugas untuk memelihara dan memberikan perlindungan terhadap perkembangan Alzheimer disebut atrosit.
Ketika sel otak berpikir (neuron), maka akan terdapat aliran protein amiloid yang terlalu banyak dan ini menyebabkan Alzheimer. Amiloid yang dikeluarkan oleh neuron semakin meningkat seiring pertambahan usia. Atrosit berperan memberi pasokan oksigen dan nutrisi ke neuron untuk mencegah peradangan berlebih oleh amiloid.
”Jika neuron mulai menghasilkan ’racun’ di otak, maka harus ada penanggulangannya. Dalam hal ini, atrosit lah yang berperan sebagai pencegah,” kata peneliti Erhard Bieberich dari Georgia Health Sciences University.
Para peneliti berhipotesa, dengan ditemukannya manfaat atrosit terhadap sel otak neuron, maka mereka dapat menemukan cara untuk mengobati Alzheimer. | sumber: sehatnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar